Kamis, 24 Desember 2015

Senam Konservasi Unnes

Sejak Universitas Negeri Semarang (UNNES) mencanangkan diri sebagai universitas konservasi sebagai jalan masuk world class university (universitas kelas dunia), ide untuk mewujudkan konservasi dalam segala bentuk aktivitas di universitas makin bergulir dan beragam. Termasuk munculnya ide pembuatan Senam Konservasi.

Senam Konservasi adalah senam yang dibuat oleh Universitas Negeri Semarang, yang merupakan perpaduan hasil ide dan kreativitas dari dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan dengan musik gamelan hasil kolaborasi dengan Fakultas Bahasa dan Seni. Senam Konservasi dibuat dalam rangka menyambut Universitas Negeri Semarang mencanangkan diri sebagai universitas konservasi.

Senam Konservasi dinyatakan memenuhi standar gerak yang sesuai dengan kaidah gerak senam yang benar dan sesuai dengan prinsip-prinsip gerak dasar tubuh. Selanjutnya Senam Konservasi disosialisasi ke seluruh Fakultas dan pascasarjana dan Sekolah di lingkungan sekitar Kampus Universitas Negeri Semarang.

Senam Konservasi terdiri dari tiga bagian yaitu bagian pemanasan, bagian inti dan bagian pendinginan. Bagian pemanasan memuat unsur penguluran statis, penguluran dinamis dan pemanasan itu sendiri. Bagian inti memuat gerak senam aerobik ringan, gerak senam aerobik tipe sedang. Bagian pendinginan memuat gerakan ringan yang mengarah untuk mengembalikan kondisi tubuh seperti sebelum latihan, sebagai gerakan pemulihan seperti sebelum latihan.

Senam Konservasi mendapat perhatian penuh oleh pimpinan Universitas, Dengan harapan Senam Konservasi dapat untuk meningkatkan kebugaran jasmani dosen dan masyarakat di lingkungan Universitas Negeri Semarang. Pada perkembangan selanjutnya, setelah disosialisasi keseluruh fakultas, rektorat dan pascasarjana, selama dua tahun ini, banyak yang menilai baik berupa masukan, kritik, saran dan pendapat tentang semua komponen yang ada di dalam senam konservasi.
Video ini diikutkansertakan dalam festival parikan, tari dan senam konservasi di Universitas Negeri Semarang, pada berita lp3.unnes.ac.id

Senam konservasi ini dilombakan oleh Unnes kepada mahasiswa angkatan 2015 sebagai agenda kegiatan setelah sebelumnya memecahkan rekor pembacaan parikan dengan jumlah peserta terbanyak. Saya mengikuti lomba ini untuk lebih meningkatkan kecintaan saya kepada almamater Unnes.Kalo nanti juara itu adalah bonus dari Tuhan, karena dalam pelaksanaan senam ini saya masih belum bisa mengikuti gerakan dengan baik sesuai instruktur senam konservasi ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar